Lifestyle

Cara Produktif Saat Menunggu Kepastian

1:32 PM

cara-produktif-menunggu
Sedih gak sih kalo apa yang selama ini membuatmu menunggu belum kunjung datang juga. Apalagi kalo di sela-sela menunggu kita jadi dilema dan bingung harus ngapain aja. Melakukan ini salah, melakukan itu juga salah.

Nah itu yang sedang aku alami saat ini. Satu tahun lamanya menunggu kepastian. Curhat dikit 2018 lalu seharusnya aku udah wisuda. Tapi karena lama menungu kepastian, akhirnya kusebut 2018 gagal wisuda. Tahun 2018 merupakan tahunku yang tak berkembang, beberapa target tak tercapai. Banyak hal dan banyak orang-orang yang menghambat, salah satunya mungkin aku sendiri.

Meskipun begitu, di sela-sela hambatan dan menunggu kepastian sampai wisuda di 2019 ini, bukan berarti aku tidak melakukan hal-hal lain. Rugi dong ya satu tahun cuman nunggu wisuda yang gak pasti kapan ye kan. Mending digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat serta menghasilkan.

Apa aja sih yang harus dilakukan saat kita terjebak dalam ke-tidak-pastian dalam menunggu. Ini yang bisa kita lakukan.

Baca juga: Hal yang bisa dilakukan agar hidupmu produktif

perluas-networking
Perluas Networking

Menunggu memang membosankan. Siapapun tak sanggup menunggu terlalu lama apalagi menunggu dia yang tak kunjung datang. Di sela-sela menunggu daripada kita nganggur-nganggur aja mendingan kita banyakin “main” sama teman-teman. Main disini bukan berarti harus huru-hara gak karuan. Kita bisa berkumpul bareng teman-teman komunitas atau berkumpul dengan orang-orang yang baru.

Baca juga: Gabung komunitas agar skill jadi meningkat

Semakin banyak temanmu semakin banyak jaringan kita entah itu untuk mendapatkan pekerjaan atau menambah ilmu untuk kemampuan kita. Berteman boleh kok saling memanfaatkan asal yang baik-baik ya. Namanya juga berteman, kan gak mungkin temenan kalo gak ada apa-apanya. Ntah itu karena dia baik, gak egois, ataupun karena hal lainnya.
Temenan sama aku boleh kok. Nanti dapet manfaat bisa nulis blog, hihiiiihh.

ciptakan-pendapatan
Ciptakan Sumber Pendapatan

Seorang mahasiswa akhir sepertiku yang ‘nanggung’ alias belum tamat tapi gak kuliah, udah berpikir banget nih gimana caranya cari uang sendiri. Pengangguran level satu yang harus berjuang demi uang jajan tanpa harus minta sama orang tua lagi, harus ekstra mikir keras.

Meskipun kubilang kalo 2018 adalah tahunku yang gak ada kemajuan, tapi di tahun ini juga aku memulai bisnis kecil-kecilan yang bisa menambah uang jajanku. Aku mulai memutar otak untuk menghasilkan uang sendiri. Bermodal kemampuanku dalam photoshop, serta kepikiran dengan salah satu temanku yang memberikan ide, akhirnya bisnisku berjalan lumayan lancar.

Aku bersama temanku menjual desain kartun untuk hadiah wisuda. Sudah ada di Bengkulu namun belum begitu dikenal dan harganya juga kurang pas untuk mahasiswa. Berhubung musim ujian skripsi dan wisuda juga di pertengahan tahun 2018, aku memanfaatkan kesempatan tersebut. Banyak respon positif dari mahasiswa yang membuat bisnisku semakin diminati. Tentunya dengan penjualan yang pas di kantong mahasiswa sehingga siapapun bisa menjangkaunya.

Satu bulan pertama kami sudah mampu menghasilkan pendapatan yang “lumayan”. Bisnis kecil yang ku kelola, untuk perdana itu sudah nilai yang besar menurutku. Aku pun sempat tak percaya bisa mendapatkan penghasilan sebesar itu untuk pertama kalinya.

Tapi itulah kemampuan yang terus di asah dan dimanfaatkan. Apa yang kita sukai harusnya juga kita perdalam ilmunya agar menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan.

Baca juga: Mewadahi hobi dengan ngeblog

Teman-teman juga bisa menghasilkan sumber pendapatan sendiri. Mulai pikirkan dengan matang apa kelebihan kita dan apa yang kita sukai. Mulai perdalam ilmunya dan pelajari seluk beluknya dan jual itu kepada orang lain yang membutuhkan kelebihan kita tadi.

belajar-hal-baru
Belajar Hal Baru

Mempelajari hal baru itu penting untuk kita. Bukan berarti ketika kita memiliki kemampuan, kita tidak ingin belajar hal lain lagi. Justru dengan belajar hal yang baru membuat kemampuan kita semakin bertambah.

Jangan segan untuk belajar hal yang kita suka atau yang tidak kita sukai sekalipun. Memperkaya diri dengan hal baru dapat meningkatkan skill kita agar lebih produktif lagi.

Baca ini juga ya

10 komentar

  1. waah bener banget mba.. mungkin tahun depan ku akan menghadapi seperti ini.hehehe

    BalasHapus
  2. Yang paling penting sih, mengisi waktu dengan belajar. Siapa yang tahu, yang sekarang dipelajari, bisa berguna kelak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Jangan membiarkan diri kita kosong dengan ilmu

      Hapus
  3. jadi ingat zaman saya lulus kuliah dulu, nunggu pengangkatan yang hampir setahun, akhir nya saya putuskan kerja jadi pelayanan di rumah makan padang, daripada harus nganggur terus mending ngisi waktu kan.

    waktu menunggu ini kalau dimanfaatkan sebaiknya efeknya luar biasa, bisa aja kita menemukan sesuatu yang kita banget saat nganggur atau malah step awal keberhasilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di isi dengan kegiatan yang produktif, menunggu selama apapun kita pasti kuat kak hihiii

      Hapus
  4. Saluttt mbaaak, emang harus pinter" memanfaatkan waktu menunggu ini dengan sebaik-baiknya. Biar lebih bermanfaat dan bisa meningkatkan kemampuan diri. . 😊

    BalasHapus
  5. Mantap mba. Kreatif melihat peluang usaha. Smg bisa berkembang dengan baik

    BalasHapus
  6. Selamat ya, mau wisuda nih
    Bener tuh, daripada nganggur mending lakukan banyak hal.
    Apalagi blogger, harusnya sih gak ada kata lembur, banyak hal yang bisa dilakukan.

    JAdi ingat saya dulu malah udah wisuda cepat, tapi nunggu setahun baru keterima kerja, huhuhu

    BalasHapus