Lifestyle

Tips Belanja Di Online Shop

7:46 PM


Hari ini HARBOLNAS ya?

Apaan? Hari Bolos Nasional?
Pantes adek aku tadi cepet pulang sekolah, hahah.

Bukan, harbolnas itu Hari Belanja Online Nasional.

Semacam merayakan hari dimana kalian bisa belanja di online shop dengan berbagai macam penawaran. Biasanya sih platform yang gede-gede kayak Sh*pee, La*ada, Bukala*ak, tokope*ia, memberikan diskon ataupun penawaran besar-besaran lainnya.

Nah teman-teman biasanya belanja di platform mana nih?
Setia sama satu hati atau pindah-pindah tergantung kenyamanan? Eeaaa.

Sebenarnya di platform manapun, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal kita yang konsumen harus pintar-pintar memilih mana yang baik dan terpercaya.

Ada tips nih buat teman-teman sebelum kalian berbelanja di online shop.

Cek-ricek toko


Sebelum kamu udah kepincut sama barang yang mau dibeli, harusnya kita lihat dulu toko yang menjual.

Lihatlah dari komentar atau ulasan barang tersebut. Banyaknya peminat biasanya barang tersebut memang bagus atau pelayanannya yang bagus. Rajinlah baca komentar atau tanggapan dari pembeli lain mengenai barang yang ingin kita beli apakah recommended atau gak untuk kita beli. Biasanya banyak tu ulasan yang jujur banget dari customer seperti kita.

Jangan lupa juga lihat rating tokonya apakah bagus atau gak. Apakah masih aktif atau sudah tidak lagi. Apakah masih memiliki stok atau gak.

Pengalamanku pernah beli barang di toko yang udah abis stoknya, alhasil udah nunggu berhari-hari eh gajadi dikirm. Untung aja duitnya balik, hihihh. 

Bandingkan harga

Jangankan belanja online, belanja ke pasar aja kita sering banget ngebandingin harga dari toko ini ke toko ini. Begitu juga di online shop, coba bandingkan harga, biasanya sih barangnya sama, tinggal harganya ada yang lebih tinggi, ada yang lebih murah, ada juga yang harganya wajar.

Kenali keaslian produk

Produk yang asli mungkin susah di cari yah kalo beli di online shop. Mungkin ada tapi ya susah nemuin yang bener-bener ori karena ngebandinginnya gak real.

Tapi tetep harus di cek dan ricek lagi, apakah harganya memang worth it. Apalagi kalo kita tahu profuk tersebut harganya mahal, lalu di online shop dijual dengan harga yang kebanting. Nah itu udah pasti jauh dari ori. Heuheuuu.

Beli barang online memang jangan tergiur murah. Tapi carilah barang yang memang harganya wajar untuk di jual.

Masukkan data yang benar

Memasukkan data yang benar mempermudah kita dalam pengiriman nantinya. Jangan sampai salah memasukkan alamat ataupun nomor telpon agar barang yang kita beli bisa nyampai dengan selamat ke tangan kita.

Mengirim total digit uang pun harus benar-benar sama dengan yang di perintah. Jangan di bulatkan kayak aku kemarin yah. Maksud hati biar gak usah ribet ada ratusan, puluhan dan satuannya, di buletin aja jadi ratusan. Eh taunya gak bisa di proses dong. Duitnya lenyap gak bisa dikembaliin.

Tiga digit terakhir itu adalah kode unik yang harus kita masukkan sesuai dengan yang ada. Jangan ditambah atau dikurangi yah.

Pembayaran bukan perantara


Penipuan banyak terjadi jika total yang kita bayarkan bukan melalui akun bank resmi platform online shop tersebut. Ada beberapa oknum yang akan meminta kita untuk transfer ke nomor rekening yang berbeda. Jangan sampai itu terjadi ya. Kita gak mau dong rugi, ye kan.

Nah di HARBOLNAS ini, kamu udah gunai kesempatan belanja belum?
Kalo aku sih lagi gak mood belanja. Jadi HARBOLNAS diem-diem bae di rumah sambil ngemilin sosmed. Hahah.

Baca ini juga ya

1 komentar

  1. Enaknya olshop memang leluasa membandingkan. Biasanya milih yang ada badgenya juga.

    BalasHapus