Lifestyle

Tahapan untuk yang mau mulai ngeblog

11:31 AM

blogger-pemula

Dunia perbloggeran memang semakin bertambah eksis sampai sekarang. Apalagi sesama blogger, sudah pasti saling tahu suka dan duka saat ngeblog serta bagaimana arus perbloggeran ini semakin naik.

Namun tak bisa di pungkiri blogger mungkin tidak begitu dikenal masyarakat awam. Yang banyak diketahui paling cuman sebatas, “oh, blog, nulis?”

Padahal blogger juga memiliki segudang kegiatan dalam perbloggeran selain menulis. Menjadi seorang blogger itu tidak instan, tetapi mengalami berbagai tahapan dan harus mempelajari banyak skill berbarengan. Jadi bukan hanya nulis saja ya, bayak hal lain perlu di kuasai oleh seorang blogger.

Lalu tahapan apa saja untuk teman-teman yang baru memulai menulis blog?

Niat

Ketika kita hendak mengerjakan atau memulai sesuatu pasti harus ada niat. Terutama dalam memulai ngeblog, harus didasari niat ngeblog terlebih dahulu.
Semua tergantung pada niat!
Benar sekali, hasil yang akan didapatkan saat melakukan sesuatu tergantung pada niat kita di awal. Niat orang-orang saat ngeblog sudah pasti berbeda-beda. Ada yang memang hobi menulis dan gatel pengen dibaca sama yang lain, ada juga yang ikut-ikutan biar eksis dan dipanggil sebagai seorang blogger, atau bahkan ada yang niatnya memang untuk mendapatkan penghasilan.

Semua alasan tidak ada yang salah. Semuanya baik kok. Kita juga tidak bisa langsung menyimpulkan sendiri. Hobi dalam menulis itu sangat baik, ikut-ikutan ngeblog juga baik karena termotivasi dari orang lain, dan mendapatkan penghasilan itu juga baik. Tinggal bagaimana kita mengelola blog kita supaya rutin menulis.

Membuat Blog

Yah namanya juga mau ngeblog, yah harus punya blog dong. Sama aja kayak kita mau makan, harus ada makanannya dong ya kan?

Sekarang informasi atau petunjuk sudah bertebaran dimana-mana, belajar otodidak melalu google pun bisa. Tidak perlu pergi ke tempat kursus untuk belajar ngeblog, cukup luangkan waktu menelusuri google, semakin kita penasaran semakin dalam kita mencari informasi. Nah gunakan teknologi yang canggih untuk mandiri dan melakukan sesuatu sendiri.
Tidak harus tanya ke blogger, “Gimana caranya ngeblog?”
Pertanyaan tersebut sebenarnya sudah bisa kita jawab sendiri.

Menulis

Iya, kalo kita udah punya blog dan niatnya tadi mau jadi seorang blogger, selanjutnya adalah eksekusi wajib yaitu menulis.

Sama kayak kita mau makan, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan yah itu, makan!

Menulis sesuai dengan karakter kita sendiri. Kita sukanya nulis apa? Bahas apa?

Banyak juga dari teman-teman yang masih bingung mau menulis apa? Apakah mengarah ke sastra, artikel, ilmiah, atau yang lainnya. Cara untuk mengenali karakter menulis kita sendiri yaitu dengan mencoba segala jenis tulisan tersebut. Lalu manakah yang lebih kita suka dan tidak terkesan kaku untuk menulisnya? Kalau suda tahu, nah lanjutkan aja menulis apa yang kita suka tadi.

Aktif di Media Sosial

Aktif di media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram sudah bukan hal yang asing lagi. Apalagi bagi seorang blogger meskipun baru pertama memulai wajib hukumnya untuk aktif di media sosial tersebut.

Selain untuk berinteraksi dengan teman-teman di semua tempat, media sosial berguna untuk ajang promosi tulisan kita. Gak mungkin kan nulis blog terus yang baca cuman kita sendiri? Harus juga kan ngajak teman-teman buat baca tulisan kita? Nah salah satunya dengan share ke media sosial tadi.

Rutin

Blog yang baik adalah blog yang rajin di tulis. Blog kita juga harus di kasih amunisi biar dia selalu bangkit dan jalan. Sama kayak tubuh manusia yang harus dikasih asupan makanan supaya tetap sehat dan semangat.

Dengan rutin menulis, blog kita akan tetap hidup. Tentu saja yang mengurusnya yah kita sendiri, masa orang lain, heuheuuu.

Tiada yang lebih indah dari blog yang di tulis rutin meskipun itu seminggu sekali. Kalo cuman nulis sekali lalu berhenti. Yah, gak jadi namanya blogger dong, heheh.

Buat teman-teman yang sedang memulai menulis blog, semoga rutin menulis dan semakin eksis di manapun!

Baca ini juga ya

8 komentar

  1. Betul kak, kuncinya adalah konten.. Cantik tp isinya zong kan sayang...

    BalasHapus
  2. Niat harus yg utama ni. Biar nggak melempem tengah jalan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak, kalo melempem berarti masuk angin huaaaa

      Hapus
  3. Bener banget itu Fha, kita emang harus niat dulu. Dah itu punya blog dan lainnya, baru deh bisa jadi blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. niat yang utama sebagai modal awal ya mbak

      Hapus
  4. Makasih sharingnya Dek Alfha. Berguna banget nih untuk yg baru mau mulai ngeblog. Yg pertama, kuatkan niat dulu yess biar enak belajar serba serbi ngeblog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. niat udah kuat, baru serba-serbinya menyusul hehehe

      Hapus